Tes HIV di Bali Medika

Tes HIV di Bali Medika untuk memastikan status HIV kamu

HIV tes di Bali Medika dilakukan dengan pemeriksaan darah

Tes HIV di Bali Medika bisa tersedia buat semua orang. Semua orang yang aktif secara seksual harus melakukan tes HIV minimal setahun sekali. Bisa dilakukan secara rutin setiap tahun saat melakukan Medical Check up. Deteksi dini kasus HIV akan memberikan keberhasilan pengobatan yang lebih baik.

Jika kamu ada pertanyaan bagaimana kami melakukan tes HIV di layanan kami, butuh konseling terlebih dahulu sebelum melakukan tes silahkan kontak kami. Kamu juga bisa baca tentang tes HIV generasi keempat Alere Combo disini.

Siapa saja yang perlu melakukan tes HIV

Semua orang harus pernah melakukan tes HIV setidaknya sekali dalam hidupnya jika kamu masuk dalam kategori kelompok beresiko tinggi:

  • Berhubungan sex secara vagina dan/atau anal tanpa kondom dan/atau tanpa PrEP
  • Menggunakan jarum suntik secara bersamaan (drugs/narkotika atau injeksi lainnya)
  • Kamu berhubungan sex dengan pasangan kamu atau orang lain yang tidak diketahui status HIV nya
  • Kamu terlibat dalam aktifitas chemsex

Kamu harus melakukan tes HIV setiap tiga bulan sekali.

Kenapa harus tes HIV di Bali Medika Clinic

Di Bali Medika kami menyediakan alat diagnostik yang modern untuk mendeteksi infeksi HIV. Oleh karena itu kamu bisa yakin kalo hasil tes kamu adalah akurat.

Kami dengan senang hati menjadi klinik pilihan bagi komunitas LGBTQI+. Dengan pendekatan ramah dan tanpa diskriminasi semua orang welcome di Bali Medika.

Bagaimana kami melakukan tes HIV

Hasil tes kamu akan selesai dalam waktu 30 menit. Kami mempunyai alat diagnosa sendiri di layanan kami tanpa menggunakan laboratorium dari luar, hasil akan kami kirim melalui email atau WhatsApp. Jika kamu memerlukan konseling sebelum dan sesudah tes, staff kami akan selalu siap membantu.

Apa yang kamu lakukan jika tes kamu negative (non-reactive)

Pertama tama jangan lupa senyum. Ini artinya kamu tidak perlu pengobatan HIV sama sekali. Stay safe selalu kamu bisa menggunakan cara pencegahan yang sesuai dengan kamu PrEP, kondom, abstinence 🙂 dan jangan lupa enjoy healthy sex life. Jika kamu ada pertanyaan lebih lanjut jangan ragu ragu bertanya ke dokter atau konselor kami.

Apa yang saya lakukan jika hasil tes HIV saya positive (reactive)

Jangan panik. HIV bukan merupakan death sentence. Dokter kami akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menjelaskan langkah selanjutnya untuk pengobatan HIV. Kamu akan diberikan pengobatan HIV anti-retro viral treatment (ARV) pada saat itu juga.

Tujuan dari pengobatan ARV adalah agar membuat HIV kamu menjadi tidak terdeteksi. Untuk mencapai tujuan itu kamu harus minum obat setiap hari. Kami akan memonitor jumlah virus HIV dalam darah kamu sebulan setelah pengobatan atau 3 bulan setelah pengobatan. Pastikan selalu minum obat ARV kamu secara teratur dan menjaga status HIV kamu tetap tidak terdeteksi.

Tes apa saja yang kami tawarkan

HIV test typeHIV test sensitivityHIV test details
4th generation rapid HIV test2-4 minggu setelah terpaparTes HIV ini akan melihat ada tidaknya antigen dan antibodies HIV dalam darah kamu.
PCR HIV viral load test7 hari setelah terpaparTes HIV ini melihat ada tidaknya virus HIV dan menghitung jumlahnya dalam darah kamu.