Kesehatan seksual

Sexual Consent

Artinya secara sadar memberi persetujuan untuk melakukan hubungan seksual dengan orang lain. Memberi ijin dan memberi informasi aktifitas sex apa yang yang kamu inginkan. Sexual aktifitas tanpa consent / persetujuan dapat dikategorikan sebagai pemerkosaan / rape atau pelecehan seksual.

Apa itu CONSENT?

Merupakan persetujuan untuk ikut terlibat dalam suatu aktifitas seksual. Sebelum kamu melakukan aktifitas seksual dengan seseorang, kamu harus tahu apakah orang tersebut mau melakukan aktifitas seksual dengan kamu atau tidak. Penting juga kamu menginformasikan ke pasangan kamu apa yang kamu inginkan dan yang tidak mau kamu lakukan.

Persetujuan dan menanyakan persetujuan ke pasangan kamu adalah sebagai batas dan rasa hormat kamu dengan apa yang menjadi keinginan dari pasangan kamu. Kedua belah pihak harus setuju untuk melakukan aktifitas seksual – setiap saat melakukan nya harus ada consent dari kedua belah pihak. Tanpa ada CONSENT, semua aktifitas seksual yang kamu lakukan (baik itu oral, menyentuh alat kelamin dan vaginal dan anal penetrasi) bisa disebut dengan pelecehan seksual atau pemerkosaan.

CONSENT itu seperti FRIES

Freely given, tanpa tekanan. Persetujuan yang kamu berikan adalah pilihan yang kamu berikan tanpa tekanan atau paksaan dari orang lain, manipulasi orang lain atau tidak sedang dalam pengaruh alkohol dan obat obatan lainnya.

Reversible, siapapun bebas merubah pikirannya dan apa yang ingin dilakukannya sewaktu waktu. Walaupun hal itu pernah dilakukan sebelumnya dan walaupun kedua belah pihak sudah telanjang diatas tempat tidur,

Informed, persetujuan kamu harus dilakukan sepenuhnya sesuai dengan yang kamu informasikan ke pasangan kamu. Contohnya apabila pasangan kamu mengatakan dia akan menggunakan kondom, tapi kenyataannya dia tidak menggunakan kondom ini tentu tidak bisa dikatakan full concent, karena tidak dilakukan sesuai dengan persetujuan bersama.

Enthusiastic, ketika berhubungan dengan sex, kamu hanya melakukan aktivitas sex yang kamu mau saja, bukan hal hal yang kamu merasa harus kamu lakukan atau bukan karena merasa apa yang pasangan kamu harapan kamu Harus lakukan.

Specific, apabila kamu bilang iya pada suatu hal (misalnya ke kamar terus ciuman di dalam kamar) ini bukan berarti kamu bilang Iya untuk melakukan hubungan sex atau penetrasi ya. Spesifik untuk hal hal yang disetujui saja ya.

Pada akhirnya kamu yang membuat keputusan yang berkaitan dengan tubuh kamu. Tidak ada hubungan dengan entah kamu pernah kencan sebelumnya atau kamu pernah bilang iya sebelumnya tapi sekarang kamu berubah pikiran dan pasangan kamu harus menghormati keputusan kamu saat ini. Persetujuan kamu saat ini tidak ada kaitannya dengan tingkah laku kamu sebelumnya, pakaian apa yang kamu kenakan, atau kemana kamu pergi. Sexual consent harus dikomunikasikan dengan jelas, tidak boleh ada maksud maksud terselubung atau hal hal yang tidak jelas. Kalo kamu atau pasangan kamu diam saja tidak bilang apa apa ini bukan berarti consent ya. Ini bukan penting bagi kamu yang baru bertemu pertama kali saja ya. Untuk pasangan yang sudah berhubungan sex atau sudah berpasangan lama sekali tetap harus ada persetujuan sebelum berhubungan sex – setiap kali melakukan nya.

Ada peraturan yang mengatur siapa yang bisa memberikan persetujuan dan siapa yang tidak, orang yang dalam keadaan mabuk karena alkohol, High karena obat narkotika atau orang yang tidak sadarkan diri tidak bisa memberikan consent untuk sex. Ada aturan yang melindung orang dibawah 18 tahun dari tekanan untuk melakukan hubungan seksual dengan orang yang lebih dewasa. Orang dewasa yang berhubungan seksual dengan anak dibawah 18 tahun bisa dituntut secara hukum.

Related Articles

Back to top button