Bagaimana kalo saya lupa minum Prep tidak sesuai dengan jadwal saya

Bagaimana kalo saya lupa minum Prep tidak sesuai dengan jadwal saya?

Apa yang harus kamu lakukan sebenarnya tergantung pada apakah kamu minum PrEP setiap hari atau hanya bersifat ON demand PrEP (sesuai kebutuhan).

JIka kamu minum PrEP setiap hari

Pertama yang kamu perhatikan adalah tidak perlu khawatir. Penelitian menyatakan setelah 30 hari kamu minum PrEP setiap hari, estimasi perlindungan yang diberikan PrEP yang tersisa di badan kamu adalah sebesar 97 %, sampai dengan 24 jam setelah kamu lupa dosis pertama kamu, 96 % setelah 3 hari, 93 % setelah 5 Hari dan masih sekitar 90 % seminggu kemudian. Jika kamu sudah minum PrEP kamu setidaknya selama 30 harus berturut turut dan tidak ada lupa dosis, kamu akan tetap terlindungi walaupun kamu lupa beberapa dosis.

Jika kamu lupa satu dosis obat, ini yang sebaiknya kamu lakukan:

Jika masih kurang dari 12 jam lupa dari seharusnya jam minum obat, pada saat itu segera minum obat PrEP kamu. Jika kamu lupa lebih dari 12 jam dari seharusnya minum PrEP, kamu bisa skip obat yang sudah kamu lupa, dan minum dosis obat yang selanjutnya sesuai jam minum PrEP satu dosis obat saja. Apabila kamu lupa minum obat sekali saja, tidak mengurangi perlindungan yang diberikan oleh daily PrEP kamu.

Contohnya pertama seperti ini: katakan kamu minum obat PrEP setiap malam jam 10 malam, suatu waktu kamu bangun jam 8 pagi dan kamu baru menyadari kalo kamu lupa minum PrEP kamu semalam. Karena ini masih kurang dari 12 jam dari waktu minum obat seharusnya, kamu bisa minum PrEP kamu saat itu juga satu pil ya. Dan obat PrEP selanjut nya kamu minum lagi jam 10 malam satu dosis ya.

Contoh kedua; katakanlah kamu minum PrEP jam 10 malam, suatu hati kamu baru sadar sekitar jam 3 sore kamu lupa minum PrEP yang kemarin. Karena sudah lebih dari 12 jam, kamu hanya cukup minum satu pill saja nanti jam 10 malam ya.

Begitu kamu minum obat PrEP setiap hari selama 30 hari, maka ada cukup obat di dalam darah kamu yang cukup melindungi kamu dan tidak akan hilang dengan segeranya. Walaupun kamu lupa minum PrEP kamu, masih ada obat didalam tubuh kamu yang masih melindungi kamu dari HIV akan berkurang sesuai dengan waktu menjadi 97 % setelah 24 jam, 96% setelah 3 hari, 93 % setelah 5 hari dan 90% setelah seminggu. Hal ini hanya berlaku buat kamu yang berhubungan sex secara anal sex ya. Jika kamu berhubungan sex melalui vagina, setiap dosis penting jadi tidak boleh lupa ya.

Jika kamu minum PrEP dengan cara 2+1+1

Jika kamu menggunakan metode 2+1+1 (hanya sebelum dan sesudah berhubungan sex ), adalah sangat penting untuk minum semua pil PrEP seperti jadwal yang sudah ditentukan dan tidak bole lupa dosis kamu. Belum ada penelitian yang dilakukan tentang lupa obat pada metode 2+1+1, tapi prinsipnya lupa dosis berarti akan menurunkan kadar perlindungan PrEP dari HIV ya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak lupa

Kamu bisa mengingatkan diri kamu dengan menggunakan kotak obat yang ada tanda hari nya dan reminder melalui HP kamu, ingat hanya mematikan alarm kalo obat sudah kamu minum kali belum cukup di snooze saja sampai obat kamu minum.